Rabu, 04 Desember 2013

Cara Kerja Ginjal Pada Manusia

(Tips Ginjal). Bagaimana cara kerja ginjal pada manusia? Cara kerja ginjal manusia diawali oleh proses dimana darah yang akan disaring dialirkan ke dalam ginjal melalui arteri ginjal (arteri renalis). Di dalam arteri ginjal juga terdapat air dan beberapa larutan yang akan disaring. sebagian larutan yang tidak terfiltrasi akan keluar kembali ke sistem sirkulasi melalui vena terjadi proses filtrasi (penyaringan). Darah kemudian masuk ke kapiler glomerulus. Di dalam glomerulus, air dan zat terlarut disaring sehingga menghasilkan filtrat glomeruli (urin primer), selanjutnya urin primer masuk ke kapsula Bowman. 

Di dalam filtrat glomeruli masih terdapat zat yang dapat digunakan oleh tubuh, misalnya glukosa, garam, asam amino, dan air, kemudian berturut-turut akan melalui tubulus proksimal (pada bagian korteks), lengkung Hente (pada bagian medula) sampai pada tubulus distal. Saat melewati ketiga bagian inilah terjadi proses reabsorbsi (penyerapan kembali) zat-zat tersebut.

Sisa cairan reabsorbsi itu akan mengalami penambahan/sekresi zat-zat dari pembuluh darah kapiler di sekitar tubulus distal. Zat-zat tersebut antara lain ion hidrogen (H+), ion klorida (Cl-), racun, dan sisa obat-obatan yang tidak berguna. Proses ini disebut sebagai augmentasi. Selanjutnya urin mengalir ke dalam pembuluh-pembuluh halus saluran pengumpul yang terdapat dalam sumsum ginjal. Saluran tersebut bermuara pada rongga ginjal. Urine yang terkumpul dalam rongga ginjal mengalir melalui ureter menuju ke kantung kemih. Apabila kantung kemih telah penuh, akan terasa adanya desakan untuk mengeluarkan urin, Selanjutnya urine mengalir keluar tubuh melalui uretra (saluran kencing). 

Dalam keadaan normal, urine mengandung; air, urea, dan amonia yang merupakan sisa-sisa perombakan protein; garam mineral; zat warna emperdu yang memberi warna kuning pada urin; zat yang berlebihan dalam darah, seperti vitamin, obat-obatan, dan hormon.

Sekian tulisan tentang Cara Kerja Ginjal Pada Manusia, semoga bermanfaat.

posted by : Ichandy Franata Rito

Tidak ada komentar:

Posting Komentar